WA Reseller085727206282
WA Retail081237366353
Telepon0274-4462499

Kain Songket

Ditulis oleh Administrator pada Kamis, 09 November 2017 | Dilihat 391kali
Kain Songket

APAITU SONGKET?

Songket adalah sebutan untuk kain tenun yangdibuat dengan teknik menambah benang pakan sebagai hiasan, yaitu denganmenyisipkan benang emas, perak, atau warna di atas benang lungsin. Songketmerupakan kerajinan tradisional khas masyarakat di hampir seluruh penjuruSumatra, mulai dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Lampung, hingga Riau.Perajin songket kebanyakan kaum wanita. 

Untuk songket Palembang, pembuatannya dilakukandengan dua tahap, yaitu pertama menenun kain dasar dengan konstruksi tenunanrata atau polos dan tahap selanjutnya menenun bagian ragam hias yang merupakanbagian tambahan dari benang pakan. Orang Eropa dan Amerika menyebut caramenenun ini sebagai inlay weaving system.


MOTIF HIAS SONGKET
Motif hias songket biasanya berbentuk geometrisatau mengambil bentuk flora dan fauna, yang masing-masing mempunyai artiperlambangan yang baik. Misalnya, bunga cengkih, bunga tanjung, bunga melati,dan bunga mawar yang melambangkan kesucian, keanggunan, rezeki, dan segalakebaikan. Motif-motif itu, antara lain lepus, jando beraes, bunga inten, tretesmidar, pulir biru, kembang suku hijau, bungo cino, dan bungo pacik.

Motif-motif ragam songket Palembang umumnyaterdiri dari tiga bagian, yaitu: motif tumbuh-tumbuhan (terutama bentukbunga-bungaan), motif geometris, dan motif campuran antara tumbuh-tumbuhan dangeometris. 

Motif-motif tersebut dari dahulu hingga sekarangdiwariskan turun-temurun. Polanya tidak berubah, karena cara memola motif itusendiri hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu, dan tidak setiap penenundapat membuat motif sendiri. 

Orang yang menenun tinggal melaksanakan pola yangtelah ditentukan. Jadi, kerajinan menenun merupakan suatu pekerjaan yangsifatnya kolektif. Sebagai catatan, para penenun di Palembang seluruhnyadilakukan oleh kaum wanita, baik tua maupun muda. 


DULU, HANYA UNTUK BANGSAWAN
Dari segi sejarah, songket dulunya hanya dipakaioleh golongan bangsawan. Makin halus tenunan, makin rumit corak songketnya, danmakin berat songketnya (menandakan bahwa songket tersebut dibuat dari benangemas asli) berarti makin tinggi pangkat dan kedudukan orang yangmengenakannya.  

Sejarah dari mana datangnya kain songketsebetulnya tidak dapat dipastikan dengan tepat. Namun, asal-usul kata songketboleh dibilang berasal dari kata menyungkit dalam bahasa Siam. 

Namunsekarang kain songket tidak hanya di pakai oleh kaum bangsawan saja, saat inikain songket sudah mulai di pakai oleh masyarakat luas.

Diawal bulan november ini Esme Fashion mengeluarkan product terbarunyayaitu"THE ARTISTIC SONGKET" tema yang terinspirasi oleh kebudayaanindonesia yang beragam. Kali ini ESME hadir dengan membawa budaya dari tanahminang, songket.

Bagi Esme Friends yang ingin mendapatkan koleksi terbaru Esme Fashion "THE ARTISTICSONGKET" , gamis songket, gamis songket 2017, gamis songket terbaru, gamisterbaru, gamis 2017, baju gamis bisa mendapatkan koleksinya di Butik Sasmaya,atau bisa langsung klik Butiksasmaya.com

Happy Shopping:)

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Bergabung sebagai Reseller?

 

Member Menu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami

  • 081237366353 (Retail)
  • 085727206282 (Reseller)
  • 0274 4462499
  • butik.sasmaya@gmail.com
  • info@butiksasmaya.com
  • Alamat Kami:
    Jl. Raya Tajem No. 3 (Samping BPR Danagung Abadi), Maguwoharjo Yogyakarta 55282 - INDONESIA
  • Buka di Google Map

Metode Pembayaran

       

Metode Pengiriman

       
Developed by Naevaweb.com