WA Reseller085727206282
WA Retail081237366353
Telepon0274-4462499

Mengenal Jenis - Jenis Kancing

Ditulis oleh Administrator pada Minggu, 12 Januari 2020 | Dilihat 538kali
Mengenal Jenis - Jenis Kancing

Modern ini kancing baju tidak hanya digunakan sebagai pengait baju, namun perkembangan zaman memunculkan ide untuk menggunakan  benda kecil dan imut ini menjadi hiasan dalam pembuatan kraft. Pemakaian kancing baju sebagai hiasan dapat dikreasikan dengan berbagai macam model dan bahan. Dalam pemasangannya pun tidak hanya terpaku di tengah baju saja, namun bisa diletakkan sesuai selera pengguna. Selain untuk busana, kancing juga sekarang merambah penggunaannya pada sepatu, tas, topi dan kebutuhan lainnya. 

Variasi Jenis Kancing

Berdasarkan desain dan tujuan dari penggunaannya, kancing dapat dibedakan dalam berbagai jenis. Berikut beberapa jenis kancing yang biasa digunakan dalam dunia menjahit:

Kancing Lubang

Kancing lubang biasa disebut juga kancing bermata. Terdapat dua jenis kancing lubang, yaitu kancing dua lubang dan kancing empat lubang. Lubang pada kancing ini digunakan untuk mengaitkan benang antara kancing dan pakaian. Kancing jenis ini biasanya dipasang menggunakan jahitan tangan dan sering digunakan pada pakaian pria, sehingga beberapa orang menyebut kancing lubang dengan sebutan kancing kemeja. Untuk ukurannyapun kancing lubang cukup bervariasi, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Kancing Jepret

Kancing jepret biasa disebut juga sebagai kancing tekan. Kancing jepret terdiri dari dua bagian, yaitu bagian cembung dan bagian cekung. Cara kerja kancing jepert adalah pada kedua bagian pada saat ditekan akan mengunci, dan terlepas ketika ditarik. Kancing jepret mempunyai ukuran yang kecil pada kedua bagiannya. Satu bagian mempunyai tombol dan tipis, sedangkan bagian lainnya mempunyai lubang tetapi tidak  tembus. Kancing yang terbuat dari bahan besi atau stainlesteel atau plastik mempunyai kualitas yang beragam tergantung harga yang ditawarkan. 

Kancing Bungkus

Kancing bungkus merupakan kancing yang mempunyai keragaman bentuk sehingga lebih menonjolkan sisi artistik dalam penggunaannya. Kancing bungkus biasanya dibungkus dengan kain sebelum digunakan sebagai pengait pakaian. Terdapat lubang dibelakang kancing yang digunakan sebagai pengait antara kancing dengan pakaian. 

Kancing Sengkelit

Kancing sengkelit mempunyai rumah kancing berupa sengkelit, yaitu lipatan kain yang bentuk sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk mengaitkan kancing tanpa harus melubangi pakaian. Model kancing ini biasa digunakan pada pakaian atau busana wanita.

Kancing Cina

Seperti halnya kancing sengkelit, kancing cina digunakan dengan sistem kerja tidak melubangi pakaian sebagai rumah kancingnnya. Kancing cina terbuat dari simpul tali koor yang dibentuk sedemikian rupa. Tali koor merupakan semacam tali yang memiliki permukaan halus dan berkilau yang jika dipotong ujungnya tidak mudah hancur dan terlepas. 

Kancing Berkaki

Kancing berkaki merupakan jeins kancing yang sering digunakan pada busana wanita sebagai penutup belahan atau sekedar sebagai hiasan. Kancing berkaki banyak dijumpai terbuat dari logam dan plastik. Bentuk dari kancing berkaki adalah terdapat kaki pada bagian bawah kancing yang akan digunakan sebagai pengait kancing dengan busana untuk memasukan benang. 

Kancing Hak Kecil

Kancing hak kecil merupakan kancing yang biasa digunakan pada pengancing bra, longtorso dan untuk penahan belahan yang dipasangkan pada akhir pemakaian zippr. Kancing yang terbuat dari stainlesteel ini mempunyai dua bagian yang harus dikaitkan dengan pakaian atau busana, yaitu bagian penyangkut dan bagian sangkutan. 

Kancing Hak Besar

Kancing hak besar merupakan kancing yang biasa digunakan pada ban pinggang rok atau celana.  Kancing yang terbuat dari stainlesteel ini mempunyai dua bagian yang harus dikaitkan dengan pakaian atau busana, yaitu bagian penyangkut dan bagian sangkutan. 

Sudah cukup jelas kan Sahabat BahanKain ingin menggunakan jenis kancing yang seperti apa untuk busana rancangannya?

Kancing memang merupakan benda kecil, namun tidak bisa dianggap remeh dalam sisi kegunaannya. Bahkan banyak orang bingung bagaimana menentukan jenis kancing agar terlihat serasi dengan pakaian atau busana yang akan dibuat.

Semoga bermanfaat :)

Sumber : https://www.bahankain.com

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Bergabung sebagai Reseller?

 

Member Menu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami

  • 081237366353 (Retail)
  • 085727206282 (Reseller)
  • 0274 4462499
  • butik.sasmaya@gmail.com
  • info@butiksasmaya.com
  • Alamat Kami:
    Jl. Raya Tajem No. 3 (Samping BPR Danagung Abadi), Maguwoharjo Yogyakarta 55282 - INDONESIA
  • Buka di Google Map

Metode Pembayaran

       

Metode Pengiriman

       
Developed by Naevaweb.com